Minggu, 24 Oktober 2010

contoh proposal yang baik dan benar




PEMBAGUNAN SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN WML DAN PHP UNTUK MENGETAHUI KERUSAKAN MESIN ISUZU PANTHER

BAB I PENDAHULUAN
1.1      Latar Belakang Masalah
Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat, berpengaruh pula perkembangan perangkat mobile saat ini, sehingga perangkat mobile semakin memasyarakat. Perkembangan ini sangatlah membantu dalam menyajikan informasi yang cepat dan efisien dengan pengaksesan internet melalui perangkat mobile tersebut. Meski perangkat mobile merupakan small device dengan layar penyajian yang sangat terbatas, tetapi penyajiannya tidak kalah optimalnya layaknya informasi yang diakses melalui personal computer, tergantung bagaimana penyajiannya.
Sistem Pakar adalah salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh satu banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah permasalahan pada kinerja mesin Panther.  
Kerusakan pada mesin mobil terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik mobil baru menyadari kerusakan setelah mobil tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan mobil kemungkinan besar membutuhkan perawatan berkala, hal inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil.
Penyampaian informasi pun dilakukan menggunakan perangkat mobile dengan meminta request dari user. Request tersebut akan diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke user dengan ditampilkan pada layar perangkat mobile. Diharapkan sistem ini mampu memberikan informasi yang optimal dari timbal balik user dan sistem. Gambaran di atas menjadi suatu pertimbangan bagi penulis untuk membuat judul “Pembangunan Sistem Pakar Pada Perangkat Mobile Dengan WMLdan PHP Untuk Menemukan Penyebab Kerusakan Mesin Mobil Panther” sebagai upaya untuk mengembangkan cara menemukan kerusakan mesin Isuzu Panther melalui sistem komputer.
Adapun alasan pemilihan judul karena adannya perkembangan perangkat mobile yang memiliki fasilitas akses internet melalui WAP, sehingga sistem pakar dapat diaplikasikan dalam perangkat mobile melalui bahasa pemrograman.

1.2      Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis akan merumuskan masalah yang ada agar tidak terjadi kerancuan. Adapun perumusan masalah yang akan dibahas adalah : “Bagaimana membuat suatu program sistem pakar untuk menemukan penyebab kerusakan mesin mobil Panther dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan WML sehingga pengguna dapat mengetahui kerusakan mobil dengan petunjuk yang di berikan oleh program aplikasi Sistem Pakar ini”.

1.3      Batasan Masalah
 Dalam penyusunan Skripsi agar menjadi sistematis dan mudah dimengerti, maka akan diterapkan beberapa batasan masalah. Selain itu maksud dari pembatasan masalah adalah karena keterbatasan waktu dalam melakukan penelitian dan pengumpulan data secara terperinci. Batasan masalah juga akan memudahkan penyusunan laporan yang sistematis agar mudah dipahami oleh pembaca.
Batasan-batasan masalah antara lain :
  1. Spesikasi dan data utama penunjang untuk mendiagnosis kerusakan menggunakan model mesin 4JA1, tipe mesin empat langkah, tipe ruang bakar direct injection, tipe bahan bakar yang digunakan SAE No.2  diesel fuel dan sistem bahan bakar pompa injeksi distributor.
  2. Pembangunan sistem pakar menggunakan tree dengan metode inferensi forward dan backward chaining dan menggunakan bahasa pemrograman WML dan PHP karena dapat berjalan hampir di semua web server pada beberapa sistem operasi.

1.4      Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan penulisan dalam penyusunan Skripsi adalah sebagai berikut : Sistem Pakar dibangun untuk menemukan penyebab kerusakan mesin mobil berbasiskan WAP adalah agar pengguna dapat mengetahui penyebab kerusakan mesin mobil dengan memanfaatkan fasilitas WAP pada ponsel sebelum mobil dibawa ke bengkel.

1.5       Manfaat penelitian
Sedangkan manfaat penyusunan Skripsi ini adalah sebagai berikut :
1.         Bagi Penulis
Menambah motivasi dan inspirasi untuk mengembangkan software-software yang lebih baik,efektif dan efisien.

2.         Bagi Akademis
Sebagai masukan positif dalam proses belajar mengajar dan menunjang peningkatan pengetahuan mahasiswa angkatan selanjutnya dengan tujuan memantau perkembangan mutu akademik, serta menambah perbendaharaan literatur bagi perpustakaan UNIVERSITAS BINA DARMA.

BAB II.      LANDASAN TEORI
2.1       Sistem Pakar ( Expert System ).
Sistem pakar yaitu software yang di buat berdasarkan tehnik kecerdasan buatan, dan berguna untuk menyimpan atau mengumpulkan pengetahuan pakar dalam komputer.
Sistem pakar terdiri dari 3 komponen utama, yaitu : Basis pengetahuan (knowledge base), Motor inferensi (inference engine), Antar muka (user interface).
Basis pengetahuan berisi semua fakta, ide, hubugan, dan interaksi suatu domain tertentu. Motor inferensi bertugas menganalisis pengetahuan dan menarik kesimpulan berdasarkan basi pengetahuan. Sedangkan software user interface berfungsi sebagai media masukan pengetahuan ke dalam basis pengetahuan dan melakukan komunikasi dengan user.
Sistem pakar sangat ideal bagi seseorang yang harus memilih serangkaian alternatif terbaik dari daftar pilihan yang banyak. Berdasarkan kriteria yang banyak di berikan, sistem pakar bisa menentukan pilihan yang terbaik. Misalnya ada sistem pakar yang akan membantu user memilih salah satu dari banyak tempat investasi model yang sesuai dengan keinginan dan kondisi keuangan user.
2.2       Perangkat lunak.
Perangkat lunak adalah intruksi (program komputer) yang diketikan dijalankan menyediakan fungsi dan tampilan yang di inginkan, struktur data yang memberikan kesempatan program untuk memanipulasi informasi dan dokumen yang mendeskripsikan operasi dan penggunaan program, mengatur struktur data memungkinkan program memanipulasi informasi secara propesional. (kristanto, 2004:1).
Dari pendapat diatas maka dapat di simpulkan bahwa perangkat lunak adalah suatu intruksi (program komputer) yang dibuat oleh sebuah perusahaan komputer untuk mengajarkan tugas tertentu.
2.3       Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari (wireless markup language), yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensibel markup language ). WML ini adalh bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
2.4       Bahasa pemrograman XML
Adalah bahasa markup yang serbaguna yang direkomendasikan oleh W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman WEB saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah komponen.
2.5.1        WAP
WAP ( Wireless Aplication Protocol ) adalah suatu protocol aplikasi yang memungkinkan  internet dapat di akses oleh ponsel dan perangkat wireless lainnya. WAP informasi online melewati internet lansung menuju ponsel atau clint WAP lainnya. Dengan adanya WAP, berbagai informasi dapat diakses setiap saat hanya dengan menggunakan ponsel ataupun perangkat wireless  lainya.
2.6       Wireless
Wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang di gunakan untuk mengakses internet, yaitu data yang dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu ( seperti teknologi infra merah pada remote TV ) atau gelombang radio ( seperti Bluetooth pada computer dan ponsel ) dengan frekuensi tertentu.
2.7       Internet
Menurut Rahimsyah dalam Rahmayanti (2008 : 14) internet berasal dari kata interconection networking yang mempunyai ati hubungan berbagai komputer dan berbagai komputer dan berbagai komputer yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut, diberikan nomor yang unik, dan berkomunikasi yang sama, disebut protokol yang di gunakan di inetrnet adalah TPC/IP.
Dapat di simpulkan bahwa internet adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk sebuah jaringan jaringan kerja hingga meliputi jutaan komputer di dunia, yang mampu berinteraksi dan bertukar informasi.
2.8       HTML
Hyper Text Markup Language (HTML) adalah bahasa yang dipakai untuk membuat dukumen web yang akan diletakan dalam word wide web menggunakan hypertkes. Dokumen web umumnya berisi sejumlah text, gambar, suara dan berhubungan dengan file yang lain. (widodo,2003:225).
2.9       HTTP
Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) merupakan protokol komunitas yang dipakai untuk menghubungkan server dan web. Fungsi utamanya adalah untuk menciptakan hubungan antar web server dan mentransmisikan halaman HTML kepada penggunaan internet yang sedang browsing.(Widodo,2003:255).
Kesimpulan dari pendapat diatas adalah Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) adalah protocol yang digunakan untuk mentransfer dokumen dalam word wide web (www). Protocol ini adalah protokol  jaringan, tidak berstatus dan generik yang dapat di pergunakan berbagai macam tipe dokumen.
2.10     Apache
Apache adalah server web yang teredia secara gratis dan di sebarkan dengan lisensi “open source”. Apache tersedia berbagai macam sistem operasi, seperti UNIX (FreeBSD, Linux, Soaris, dan sebagiannya) dan windows NT/95/98, apache mengikuti standar protocol hyper text transport protocol terbaru yaitu HTTP 1.1.(Widodo,2003:17).
Dari pendapat diatas Apache dapat disimpulkan bahwa server web yang tersedia secara gratis dan disebarkan dengan lisensi “open source” Apache mengikuti standar protocol hyper text transport protocol terbaru yaitu HTTP.

2.11     PHP
PHP (hypertext Preposesor) merupakan script untuk pemrograman script web server side, script yang membuat dokumen. HTML secara on the fly, dokumen HTML yang menghasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor text atau editor HTML. (sidik,2004:3).
Kesimpulan dari pendapat diatas adlah PHP adlah bahasa scripting open source yang ditulis menggunkan kode bahasa C, java dan perl. Script PHP menyatu bengan file HTML.
2.12     MySQL
MySQL adalah software sistem menejemen database. Database adalah suatu koleksi data yang terstruktur. Database ini bisa berupa daftar belanja sederhana sampai informasi yang sangat besar dari suatu perusahaan internasional. Untuk menambahkan, mengakses dan memproses data disimpan di komputer, diperlukan sistem manajemen database seperti MySQL. (Rickyanto 2002:32).
BAB III. PENGUJIAN DAN ANALISA
3.1       Metode Penelitian
Dalam menyusun penelitian skripsi, penulis membutuhkan data-data yang berhubungan dengan tema yang akan dikupas oleh penulis, yaitu mengenai konsep dan teori dasar sistem pakar serta pengembangan program WAP. Dalam hal ini tentunya penulis membutuhkan data-data mengenai kendala-kendala, keuntungan serta kekurangan yang mempengaruhi sistem kerja di lapangan. Data-data diklarifikasikan dalam dua bagian (Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis, 2007) yaitu :
v  Pengambilan Sampel Data
  1.  Data Primer
            Data primer merupakan data yang dikumpulkan oleh orang atau perseorangan secara langsung dari sumbernya. Contoh pengambilan data berupa teks hasil wawancara yang diperoleh melalui wawancara dengan informan yang dijadikan sampel penelitian. Data dapat direkam atau dicatat oleh peneliti.
2.         Data sekunder
            Data sekunder merupakan data yang tidak diperoleh secara langsung dari objek peneltian. Contoh pengambilan data berupa data-data yang sudah tersedia dan dapat diperoleh peneliti dengan cara membaca, melihat atau mendengarkan. Termasuk dalam kategori data ini ialah: data bentuk teks(dokumen, surat-surat), bentuk gambar(foto,animasi), bentuk suara (hasil rekaman kaset)dan kombinasi teks, gambar dan suara(film, video).
Metode Dokumentasi
Yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan arsip atau naskah-naskah tertulis.
Studi Pustaka
Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mencari referensi-referensi dari buku-buku atau literature yang membahas mengenai objek yang akan diteliti.
Desain Aplikasi
Bertujuan untuk mendesain sistem aplikasi yang akan dirancang dan agar dapat mengidentifikasi komponen-komponen sistem informasi yang akan di desain secara rinci. Tahap ini dilakukan setelah tahap analisis sistem selesai dilaksanakan, karena hasil desain terinci akan percuma sia-sia bila tidak seseuai dengan apayang diinginkan. Desain aplikasi ini meliputi flowchart atau teknik lain seperti sketsa dan lain-lain dalam mendukung desain sistem.
Implementasi Setelah sistem dianalisis dan didesain secara rinci dan teknologi telah di seleksi dan di pilih, tahap implementasi sistem merupakan tahap meletakkan sistem supaya siap untuk di operasikan. Tahap ini termasuk juga kegiatan pembuatan aplikasi program. Tahap implementasi sendiri dibagi dalam tiga tahap yaitu :
1. Menerapkan rencana implementasi
2. Melakukan kegiatan implementasi
3. Tindak lanjut implementasi
v  Ujicoba
Ujicoba sistem dilakukan untuk mencari kesalahan atau kekurangan dari program atau aplikasi yang dibuat agar dapat dicapai tujuan yang diinginkan dan ujicoba ini dapat langsung diaplikasikan dilapangan.
3.2       Sistematika Penulisan
Agar lebih jelas dan mudah untuk dimengerti, maka penulis akan memberikan rangkuman dari pembuatan tugas akhir ini untuk memberikan gambaran-gambaran pokok sebagai berikut :




BAB I.            PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan secara umum mengenai latar belakang masalah, permasalahan dengan batasan-batasan masalah yang digunakan, tujuan, metode serta pembahasan tugas akhir ini.
BAB II. LANDASAN TEORI
Bab ini berisi dasar-dasar teoritis kecerdasan buatan dan sistem pakar untuk melandasi pemecahan masalah serta teori-teori sehubungan dengan Wireless Aplication Protocol (WAP) sebagai teknologi yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini.
BAB III. PENGUJIAN DAN ANALISA
Bab ini menjelaskan tentang pengujian sistem secara umum maupun terperinci. Pengujian sistem secara umum akan membahas mengenai lingkungan uji coba untuk mengunakan sistem ini. Selanjutnya secara lebih terperinci dijelaskan dalam pengujian baik user umum maupun admin, beserta langkah-langkah dalam uji coba tersebut, kemudian dianalisa kembali apakah telah sesuai dengan tujuan pembuatan pada BAB I.
BAB IV. PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran.







3.4   Daftar Pustaka
a)      Darmawan, Wahyudi, 2007. Pengertian internet dan intranet.
b)      Imansyah, Muhammad, 2003 .PHP dan MySQL untuk orang Awam, Maxikom, Palembang
c)      Pressman, Roger.s.2002. Rekayasa perangkat lunak. ANDI, Yogyakarta.
d)     Widodo, Dwi, 2003. Kamus Istilah Internet dan Komputer, lintas media, jombang.
e)      Linda Atika, M. Kom, 2008. Pengertian Sistem Pakar, Universitas Bina Darma, Palembang.


0 komentar:

Poskan Komentar